Minggu, 25 Oktober 2015

Red Velvet Yang Takkan Mampu Gue Dapatkan

Udah hampir dua bulan ini gue jadi anak kost di daerah Ciputat, atau Tangsel, ya disitulah pokoknya. Dan sebagai anak kost yang masih newbie, gue gak nyangka kalo uang seribu rupiah bakal berharga lebih dari mantan. Uang jatah mingguan emang bisa dibilang cukup. Tapi, sebenernya enggak juga. Keperluan uang buat makan, minum, keperluan kost, keperluan kuliah, tamasya, bayar cicilan mobil, bayar kakak-kakak di Alexis, oke, ini mulai ngaco. Intinya keperluan yang banyak buat gue mau gak mau harus berhemat.
Untuk makan, bukan cari yang enak tapi cari yang murah. Cewek juga bukan cari yang enak tapi cari yang murahan. Eh, gak gini juga sih. Dan jadwal makan pun bener-bener gue schedule sehemat mungkin. Kadang sarapan gue gabung sama makan siang. Kadang makan siang gue gabung sama makan malem. Kadang makan malem gue gabung ke sarapan minggu depan. Pokoknya hemat itu mutlak.
Godaan jadi anak kost juga banyak, apalagi kalo lagi ngumpul bareng temen-temen. Mau hemat jadi gengsi, mau nekat takut nanti malah ngungsi. Serba salah. Pernah gue lagi ngumpul gitu di restoran sama temen-temen gue, dan mereka pada mesen minuman yang mahal.
‘Mbak, pesen jus alpukat ya.’ Kata temen gue.
‘Saya pesen coffee float ya, mbak.’ Kata temen gue yg satu lagi
‘Saya pesen jus alpukat yang pake toping coffee float ya.’ Kata gue, gengsi.
Pas mbak-mbak pelayan nya pergi, gue natap cool ke temen-temen gue sambil bilang ‘bayarin gue, ya, please.’ Temen-temen gue langsung pindah ke restoran lain. Gue ditinggal.
Belom lagi godaan lain, misal kaya suatu barang yang bener bener-harus gue beli. Contoh, beberapa hari lalu gue anniversary yang ke satu tahun sama pacar gue. Dan dibeberapa hari sebelumnya, gue harus ngasih sesuatu yang special buat hadiah anniversary ini ke dia. Walaupun saat itu hubungan gue sama dia lagi gak harmonis kaya dulu, gue dan dia yang lebih sering debat dengan sifat gue dan dia yang gue akuin emang semakin gak cocok. Gue sadar sama situasi ini, dan gue mau ngasih dia sesuatu yang bisa buat dia ngerasa special. Seenggaknya bisa sedikit memperbaiki hubungan. Dan gue mau dia tau kalo dia teteplah orang yang paling special buat gue. Bahkan disituasi terburuk sekalipun.
Gue berpikir buat sebuah hadiah anniversary yang gak mainstream tapi gak murahan. Gue mulai searching di berbagai media. Mencari-cari untuk sebuah hadiah yang pantas buat dia. Ada satu hal yang bikin gue heran pas gue lagi searching buat hadiah itu. Ada sebuah artikel yang menyarankan sebuah Red Velvet Cake untuk dijadikan sebuah hadiah. Setelah gue cari tau berapa harga cake ini, dan, anjirr, mahal banget sumpah. Untuk sebuah cake menurut gue kurang masuk akal. Gue gak tau apa bedanya cake ini sama black forrest atau bahkan sama kue pancong. Gue curiga cake semahal ini bisa bikin kita kenyang dalam seminggu cuma dengan sekali gigit. Atau jangan-jangan cake ini pas dimakan bisa utuh lagi. Gue gak tau.
Dengan segala bodo amat dengan cake aneh itu, gue mulai mencari lagi dan pilihan gue jatuh ke sebuah bingkai movie unik yang harganya cukup bisa bikin gue menghematkan kehematan gue selama seminggu. Rencananya bingkai ini bakal gue kasih gambar pacar gue yang gue kasih quotes tentang dia gitu, terus pada waktu yang tepat gue anterin ke dia yang cukup jauh berada di Dramaga, Bogor.
Tepat tanggal 14 Oktober, gue menempuh hubungan yang kesatu tahun dengan pacar gue. Disela-sela waktu pagi setelah gue futsal, gue membaca sebuah pesan dari dia yang salah satu kalimatnya bertuliskan “simpan rasa sayang kamu buat yang terbaik kelak. Dan jika orang itu adalah aku, kita pasti dipertemukan kembali dikeadaan yang lebih baik.” Gue diem cukup lama. Lalu gue mikir, apa maksud dari kata-kata ini? Ini seperti kata putus yang diungkapkan secara halus. Seperti sebuah pengakhiran yang begitu menyakitkan.
Gue diem sambil ngeliatin HP, gue gak tau harus bales kata-kata ini dengan apa. Sejenak gue alihkan pandangan ke sebuah ‘hadiah anniversary’ yang siap gue anter ke dia. Tapi, rasanya jadi beda. Sebuah rencana yang gue siapin special untuk dia, sekarang jadi gagal karena dia. Gue coba sedikit berpikir lebih jernih sambil berjalan ke sebuah jendela kamar, dan gue liat ke langit. Hati gue bilang ‘kenapa semuanya bisa jadi gini?’
Dan ternyata, gue sadar, karena semakin gak cocoknya sifat gue dan dia yang sekarang menjadi penyebab ini semua terjadi. Gue punya banyak kekurangan yang gak bisa dia terima. Dan gue gak bisa ngasih banyak hal seperti yang dia harapkan. Dia pun pernah bilang kalo cuma modal tulus, gak akan ngejamin semuanya. Sedangkan buat gue pribadi, ketulusan adalah satu-satunya yang bisa gue banggain. Kenapa? Karena gue dan dia baru sebates pacar. Gue belum berhak ngasih dia segalanya.
Dari perbedaan ini gue lah yang paling berjuang buat dia. Gue seperti mendaki disebuah tebing yang terjal dan tinggi, sedangkan dia hanya menunggu di puncaknya. Sering gue ngerasa ini semua gak adil, tapi gue tetep keras kepala buat mencoba terus meraih dia.
Dia yang sekarang adalah sebuah Red Velvet yang gak akan mampu gue dapetin. Dia yang sekarang udah terlalu tinggi buat gue raih. Terlalu sempurna buat gue yang biasa-biasa aja. Red Velvet indah hanya untuk orang yang mewah, bukan untuk anak kost yang buat jalan aja masih berat di ongkos.
Harusnya dari dulu gue lebih tau diri. Orang seperti gue gak bakal mampu ngebahagiain yang sempurna seperti dia. Bodoh, gue cuma buang-buang waktu dia yang harusnya bisa jauh lebih berguna kalo dia berada di tempat lain. Rasa sayang yang begitu kuat, gak menjamin cintanya akan terus melekat. Karena yang menurutnya sempurna, akan menjamin cinta yang gak akan pernah sirna. Mungkin ketulusan gue gak akan punya saingan, tapi sayang hatinya jauh lebih memilih pada yang memiliki kesempurnaan. Untuk gue yang jauh dari apa yang dia harapkan, sekarang gue sadar. Selama ini, gue berjuang dengan penuh rasa pahit, untuk ruang hatinya yang semakin sempit.

Dari jendela kamar gue menghampiri sebuah hadiah yang udah gue bungkus rapih. Sebuah hadiah yang tak tersampaikan. Untuk dia, Red Velvet yang takkan mampu gue dapatkan.

*Repost Punya Opi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar